Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Taman Nasional Gunung Gede Pangrango Berada Di Provinsi

Taman Nasional Gunung Gede-Pangrango Letak Geografis berada di Provinsi Jawa Barat dengan landscap pegunungan yang indah Luas. 15196 Ha merupakan kawasan hutan pegunungan dengan Puncak gunung tertinggi GPangrango 3019 m dan ekosistem Hutan hujan tropis basah.

Mengenal Taman Nasional Gunung Gede Pangrango

Secara administrastif Taman Nasional ini termasuk dalam wilayah tiga Kabupaten di Provinsi Jawa Barat yaitu Kabupaten Bogor Kabupaten Sukabumi dan Kabupaten Cianjur dengan total luasan 2427080 Ha.

Taman nasional gunung gede pangrango berada di provinsi. Komitmen utama dimulai tahun 1978 ketika kawasan seluas 14000 hektar yang terdiri dari 2 puncak utama dan lerengnya yang luas ditetapkan sebagai Cagar Biosfer Gunung Gede Pangrango. Gunung Gede Pangrango berada dalam ruang lingkup Taman Nasional Gede Pangrango yang merupakan salah satu dari lima taman nasional yang pertama kali diumumkan di Indonesia pada tahun 1980. Taman Nasional Ujung Kulon terletak di bagian paling barat Pulau Jawa IndonesiaKawasan taman nasional ini pada mulanya meliputi wilayah Krakatau dan beberapa pulau kecil di sekitarnya seperti Pulau Handeuleum dan Pulau Peucang dan Pulau PanaitanKawasan taman nasional ini mempunyai luas sekitar 122956 Ha.

Gunung Pangrango memiliki ketinggian 3019 mdpl yang merupakan gunung tertinggi ke 2 di Jawa Barat. Salah satu upaya untuk melindungi dan melestarikan tumbuhan dan hewan pemerintah Indonesia membangun taman nasional. ABSTRAK Taman Nasional Gunung Gede Pangrango TNGGP merupakansalahsatu taman nasional yang berada di provinsi Jawa Barat.

Pada tahun 2003 wilayahnya diperluas dengan hutan-hutan yang berdekatan yang semula dikelola oleh Perum Perhutani. Gunung Pangrango berada di dalam kawasan Taman Nasional Gunung Gede Pangrango letaknya bersebelahan persis dengan Gunung Gede. Gunung Gede berada dalam ruang lingkup Taman Nasional Gede Pangrango yang merupakan salah satu dari lima taman nasional yang pertama kali diumumkan di Indonesia pada tahun 1980.

Bagi kamu yang memiliki hobi mendaki gunung atau pecinta alam tentunya sudah tak asing lagi ketika mendengar salah satu gunung yang ada di Provinsi Jawa Barat ini yaitu Gunung Gede Pangrango. 443 km² di antaranya adalah laut yang dimulai dari Semenanjung Ujung Kulon sampai. Jalur pendakian gunung ini sama dengan Gunung Gede yaitu melalui daerah Cibodas Cianjur.

Dilansir dari Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia taman nasional adalah area untuk pelestarian alam dengan ekosistem asli untuk tumbuhan. Menjadi salah satu dari lima taman nasional tertua di Indonesia Taman Nasional Gunung Gede Pangrango didirikan dengan tujuan melindungi serta mengkonservasi beragam ekosistem dan juga flora pegunungan yang hidup di dalamnya. Gunung ini berada di dua wilayah kabupaten yaitu Kabupaten Cianjur dan Sukabumi dengan ketinggian 1000 - 2958 m.

Secara geografis Taman Nasional Gunung Gede Pangrango TNGGP terletak antara 106o51-107o02BT dan 6o41-6o51 LS. Setelah tahun 1919 suatu kawasan cagar alam ditetapkan. Taman Nasional Gunung Gede Pangrango TNGGP adalah salah satu taman nasional yang berada di Provinsi Jawa Barat.

Satwa burung avifauna merupakan salah satu marga satwa yang mudah dijumpai hampir di setiap tempat dan mempunyai posisi yang. Dpl dan berada pada lintang 10651 - 10702 BT dan 641 - 651 LS. Balai Besar Taman Nasional Gunung Gede Pangrango BBTNGGP mendapat kunjungan dari Perangkat Daerah Kabupaten Cianjur yang dipimpin oleh Sekretaris Daerah Kabupaten Cianjur Dodit Ardian Pancapana dan jajarannya serta sekitar 20-an orang aparat desa sekitar.

Kedua puncak itu dihubungkan oleh gigir gunung serupa sadel pada ketinggian lk 2400 m dpl yang dikenal sebagai daerah Kandang Badak. Taman Nasional ini ditetapkan pada tahun 1980 dan merupakan salah satu taman nasional tertua di Indonesia. Pengunjung Taman Nasional Gunung Gede Pangrango TNGGP setiap tahunnya bisa didatangi hingga 50ribu wisatawan dari berbagai daerah di Indonesia dan bahkan dari luar negeri.

Taman Nasional Gunung Gede Pangrango Sumber gambar. Taman Nasional Gunung Leuser biasa disingkat TNGL adalah salah satu Kawasan Pelestarian Alam di Indonesia seluas 1094692 hektare yang secara administrasi pemerintahan terletak di Provinsi Aceh dan Sumatera UtaraProvinsi Aceh yang terdeliniasi TNGL meliputi Kabupaten Subulussalam Aceh Selatan Aceh Singkil Aceh Tengah Aceh Tenggara Gayo Lues Bener Meriah Aceh Tamiang sedangkan. Tahun 1889 areal hutan antara Kebun Raya Cibodas dan Air Panas ditetapkan sebagai Cagar Alam.

Dengan luas 2285103 hektar kawasan Taman Nasional ini ditutupi oleh hutan hujan tropis pegunungan hanya berjarak 2 jam 100 km dari Jakarta. Sebagaimana namanya taman nasional ini memiliki dua puncak kembar yakni puncak Gede 2958 m dpl dan puncak Pangrango 3019 m dpl.

Tentang Tnggp Taman Nasional Gunung Gede Pangrango National Park

Gunung Gede Pangrango Mandalawangi Nature Camp

Taman Nasional Gunung Gede Pangrango

Taman Nasional Gunung Gede Pangrango Aziz Blog

Taman Nasional Gunung Gede Pangrango Jabar Ayoo Wisata Jabar

Destinasi Wisata Indonesia Taman Nasional Gunung Gede Pangrango

Taman Nasional Gunung Gede Pangrango Tnggp Wisata Lokasi Luas Pendakian Sejarah Dan Biodiversitas

Misteri Taman Nasional Gunung Gede Pangrango Portal Seputar Cimanggu Bogor

Taman Nasional Gunung Gede Pangrango Wikiwand


Post a Comment for "Taman Nasional Gunung Gede Pangrango Berada Di Provinsi"